Selasa, 04 Maret 2014

6 Fakta menarik tentang Selandia Baru

http://m.merdeka.com/gaya/6-fakta-menarik-tentang-selandia-baru/ditemukan-tahun-1642.html



6 Fakta menarik tentang Selandia Baru
Selandia Baru adalah sebuah negara kepulauan yang berada di barat daya Samudra Pasifik. Negara ini secara geografis terdiri dari dua daratan utama North Island dan South Island, serta beberapa pulau kecil lainnya. Dalam bahasa Maori, Selandia Baru disebut Aotearoa yang berarti Tanah Awan Putih Panjang. Berikut adalah enam fakta menarik tentang Selandia Baru, seperti dilansir Listv

1. Kiwi


Selandia Baru dikenal dengan buah kiwinya yang segar. Namun tahukah Anda bahwa kiwi bukan lah nama buah, melainkan nama burung asli Selandia Baru. Ini juga merupakan istilah slang untuk menyebut orang Selandia Baru.

2. Ditemukan tahun 1642


Selandia Baru pertama kali ditemukan oleh orang Eropa pada tahun 1642, ketika seorang pelaut Belanda bernama Abel Tasman tiba di daratan Selandia Baru. Dia meninggalkan Selandia Baru setelah beberapa krunya tewas dibunuh suku Maori. Namun, pada tahun 1769 Kapten James Cook dari Inggris datang ke Selandia Baru dan memetakan tanah di sana.

3. Suku Maori


Ketika orang Eropa tiba di Selandia Baru, pulau ini telah dihuni oleh orang-orang Maori - suku Polinesia Timur yang tiba di Selandia Baru antara tahun 800 dan 1300. Menurut para ahli, suku ini berasal dari sebuah tempat bernama Hawaiki, yang lokasinya tidak diketahui.

4. Dipimpin perempuan


Selandia Baru adalah negara pertama yang tiga posisi pentingnya dipegang oleh perempuan: Perdana Menteri Helen Clark, Gubernur Jenderal Dame Silvia Cartwright, dan Ketua Mahkamah Agung Sian Elias.
5. Legalisasi pernikahan sejenis

Selandia Baru melegalkan pernikahan sejenis, pembukaan rumah bordil, dan prostitusi. Selain itu, remaja berusia 15 tahun sudah diperbolehkan memiliki SIM dan pada usia 18 tahun, seseorang sudah diperbolehkan untuk minum alkohol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar